Wednesday 21 January 2015

RUTE MENPERJALANAN UJU MAKAM MBAH ABDULLAH MUDZAKKIR DI LAUT JAWA ( BAGIAN - 1 )



Rute Perjalanan Bagian - 1 :
Perjalanan dari Kota Semarang - Jembatan Sungai Purwosari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Meskipun makam Mbah Abdullah Mudzakkir di Dukuh Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, itu termasuk wilayah Kabupaten Demak, akan tetapi letak makam tersebut sebetulnya lebih dekat dengan kota Semarang ketimbang dengan kota Demak. Desa Bedono adalah salah satu desa di Kabupaten Demak yang berbatasan dengan  Kota Semarang yang lokasinya berada di kurang lebih 4,75 KM sebelah barat laut "jalan pantura" yang melewati kecamatan Sayung.

Rute perjalanan dari Kota Semarang hingga Jembatan Sungai Purwosari, Sayung, adalah sebagai berikut :

1. Keluar dari dalam kota Semarang.

Ada tiga alternatif untuk keluar dari dalam kota Semarang guna melakukan perjalanan menuju kota-kota lain di timur kota Semarang. 

a. MELALUI JALAN TOL. Keluar di Gerbang Tol "Muktiharjo", jalan lurus ke depan ambil lajur ke Pelabuhan Tanjung Emas. Kira-kira 500 meter setelah meninggalkan Gerbang Tol, akan memasuki Jl. Yos Sudarso ( Jalan Arteri). Melalui putaran ( U-Turn ) yang ada di ujung timur Jl. Yos Sudarso, kendaraan harus memutar balik menuju Jl. Raya Kaligawe ( Jalan Pantura yang melewati kota Semarang bagian timur ). Ketika akan masuk Jl. Raya Kaligawe, pastikan bahwa mobil tidak naik ke "Jembatan Layang Kaligawe" akan tetapi telah memilih lajur sebelah kiri menuju kota Demak.

b. MELALUI JALAN YOS SUDARSO ( JALAN ARTERI ). Jalan Yos Sudarso berawal dari Bunderan Bandara "Ahmad Yani" hingga berpotongan dengan Jl. Raya Kaligawe persis di sebelah timur "Jembatan Layang Kaligawe". Sebelum memasuki Jl. Raya Kaligawe, pastikan lajur yang dipilih adalah lajur kiri yang menuju kota Demak.

c. MELALUI JL. RAYA KALIGAWE. Dulu sebelum ada jalan alternatif semua kendaraan yang keluar dari dalam kota Semarang hanya bisa lewat Jl. Raya Kaligawe. Sehingga setelah memasuki Jl. Raya Kaligawe yang bermula dari sebelah timur "Jembatan Banjir Kanal Timur" tinggal jalan lurus ke arah kota-kota di sebelah timur tanpa ada perpotongan jalan. Kini tidak bisa lagi karena telah dibuat jembatan layang kira-kira 1,5 KM di sebelah timur "Jembatan Banjir Kanal Timur". Jembatan layang tersebut dibangun untuk mengatur perpotongan tiga jalan yaitu : Jalan TOL, Jl. Raya Kaligawe, dan  Jl. Yos Sudarso. Karena adanya perpotongan itu maka di "Jembatan Layang Kaligawe" kendaraan yang keluar dari dalam kota Semarang melalui Jl. Raya Kaligawe, harus belok kiri dan memutar melalui putaran ( U-Turn ) yang ada di Jl. Yos Sudarso seperti yang dilakukan oleh kendaraan yang keluar melalui Jalan TOL.




Keluar dari Kota Semarang. Jl. Yos Sudarso ( Arteri ) akan memotong Jl. Raya Kaligawe ( Jalan Pantura di sebelah timur kota Semarang ) di sebelah timur "Jembatan Layang Kaligawe" ( nampak di atas ). Peziarah harus masuk lajur kiri  ke arah Demak.

2. Memasuki Wilayah Kabupaten Demak

Setelah melakukan perjalanan sepanjang 4,7 KM dari "Jembatan Layang Kaligawe" kendaraan akan memasuki wilayah Kabupaten Demak. Di sana terdapat sebuah "Pintu Gerbang Selamat Datang" yang bertuliskan "Selamat Datang Di Kota Demak Kota Wali".




 Gapura "Selamat Datang di Kota Demak, Kota Wali"( gambar atas ) terletak di 4,7 KM sebelah timur "Jembatan Layang Kaligawe" Semarang.
 
3. Perjalanan sampai di "Jembatan Sungai Purwosari, Sayung.

Kira-kira 1,6 KM dari "Pintu Gerbang Selamat Datang di Kota Demak Kota Wali" perjalanan akan sampai pada sebuah jembatan yaitu "Jembatan Sungai Purwosari, Sayung". Di jembatan yang pertama kali ditemukan  setelah melewati "Pintu Gerbang Selamat di Kota Demak Kota Wali" itu, perjalanan menuju makam Mbah Abdullah Mudzakkir harus belok kiri keluar dari Jl. Semarang-Demak ( Jalan Pantura yang menghubungkan kota Semarang dan kota Demak).



"Jembatan Sungai Purwosari, Sayung" ( gambar atas ), merupakan jembatan pertama di sebelah timur Gapura "Selamat Datang di Kota Demak, Kota Wali" yang berjarak 1,5 KM. Sebelum naik ke jembatan, peziarah harus belok kiri, keluar dari Jalan Raya Semarang-Demak.


No comments:

Post a Comment